Billiard Bukan Sarana Judi, Tapi Olahraga Prestasi

Billiard Bukan Sarana Judi, Tapi Olahraga Prestasi

Sebanyak 80 pebilliard mengikuti Kejuaraan Billiard Bupati CUP 1 tahun 2020, yang digelar di Maranatha Billiard Baturaja, Simpang KPR Jalan Lintas Sumatera (Minggu, 20/09/2020).


Puluhan pebiliard tersebut 64 diantaranya berasal dari Kabupaten OKU, sedangkan dari luar Kabupaten OKU sebanyak 26 peserta.

Mereka ikut meramaikan turnamen billiard 9 ball yang memperebutkan total hadiah pembinaan sebesar Rp11.500.000.

Kegiatan yang baru pertama kali melibatkan masyarakat umum di Kabupaten OKU, itu berlangsung selama 2 hari. Sejak kemarin tanggal 20 sampai hari ini, 21 September 2020.

"Turnamen billiard Bupati Cup I 2020, 9 ball ini melibatkan para pecinta olahraga billiard di tingkat lokal Kabupaten OKU dan luar Kabupaten OKU," ungkap Ketua Panitia, Noprianto.

Tujuan turnamen ini, jelas dia, guna menjaring atlit-atlit muda billiard yang berbakat. Selain itu, menginformasikan kepada masyarakat bahwa billiard bukan ajang perjudian, tetapi billiard adalah olahraga berprestasi.

"Melalui turnamen ini kita merubah pola pikir warga dari negatif ke positif bahwa billiard bukan sarana perjudian tapi olahraga berprestasi," katanya.

Dikatakan, melalui turnamen billiard ini pula bisa mengasah minat dan bakat serta menghasilkan prestasi dalam bidang olahraga billiard di tingkat Kabupaten, Propinsi hingga Nasional, bahkan tingkat Internasional.

Total hadiah yang disiapkan Panitia, masing-masing; Juara I Rp.5.000.000,- ditambah Piala dan Piala Bergilir. Juara II Rp.2.500.000,- plus Piala. Juara III Rp.1.000.000,- plus Piala. Top 8 Rp. 500.000,-.

"Tujuan turnamen ini, juga untuk mencari bibit terbaik putra/i Kabupaten OKU agar bisa bertanding di tingkat Nasional kelak," tandasnya.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis sangat mendukung pelaksanaan kegiatan turnamen billiard 9 ball, yang mendapat respon positif dari masyarakat Kabupaten OKU tersebut.

Menurut Kuryana, billiard adalah ajang berprestasi bukan perjudian.

"Saya lihat peserta sangat antusias dengan turnamen ini. Melalui turnamen billiard ini diharapkan warga dapat menyalurkan minat dan bakatnya serta berprestasi, serta dapat meminimalisir berbagai aksi perjudian," ujarnya.