Kapolres Palembang : Kawan-kawan Mahasiswa, Tolong Diberikan Akses Jalan

Kapolres Palembang : Kawan-kawan Mahasiswa, Tolong Diberikan Akses Jalan

Kapolres Palembang Kombes Pol Anom Setyadji meminta pendemo tetap mambuka akses jalan untuk pengendara.


"Kawan-kawan mahasiswa yang menggelar aksi, tolong diberi akses jalan untuk kendaraan. Karena masyarakat juga punya hak untuk melintas. Tolong hargai hak publik," ujar Anom melalui pengeras suara.

Mahasiswa yang telah memadati jalan POM IX Palembang, diminta dan diarahkan untuk membuka ruang agar kendaraan bisa melintas.

Secara perlahan, mahasiswa bergeser dan kendaraan bisa melintas.

Meski tak lancar, karena sebagian besar jalan dipadati mahasiswa tetapi kendaraan tetap bisa melintas. Kepadatan kendaraan terlihat disimpang lima yang berupaya melintas ke Jalan POM IX.

"Polantas, tolong atur lalu lintas. Semuanya harus berjalan, akses laku lintas juga harus berjalan," kata Anom dengan pengeras suara.

Polrestabes Palembang siagakan 900 personil untuk mengamankan jalannya aksi demo menolak pengesahan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang rencananya akan digelar di gedung DPRD Kota Palembang guna , Rabu (7/10/2020).

Informasi yang dihimpun, aksi demo ini rencananya akan diikuti oleh ribuan mahasiswa daru berbagai organisasi kampus di wilayah Sumsel.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji mengatakan, personel yang disiagakan bukan hanya jajaran Polrestabes Palembang, namun juga dari personel Polda Sumsel.

"Sesuai informasi yang di terima, akan ada aksi unjuk rasa. Meskipun tidak ada pemberitahuan ke pihak kepolisian apalagi saat ini masih pademi covid-19 dan adanya peraturan dilarang berkerumun. Akan tetapi kami bersama Polda menyiapkan kekuatan 900 orang berserta peralatan demi terciptanya situasi kondusif di Kota Palembang," ujarnya.

Anom mengimbau agar para pendemo berlaku tertib dan kondusif dalam menyampaikan aspirasinya.

"Kami harapkan kegiatan aksi unjuk rasa berjalan dengan tertib tanpa ada pelanggaran ataupun tindak pidana yang menyertainya." ujar dia.

Sementara itu, pantauan di lapangan, aparat kepolisian bersenjata lengkap sudah disiagakan di gedung DPRD Kota Palembang tempat dimana titik demo rencananya akan berlangsung.

Sejumlah mahasiswa lengkap dengan almamaternya yang sudah siap untuk menggelar demo juga sudah berada di lokasi aksi.