Jalur Sepeda Palembang Berawal dari Diskusi Kecil Sekda dan Komunitas

Jalur Sepeda Palembang Berawal dari Diskusi Kecil Sekda dan Komunitas

Siapa sangka jika pembuatan jalur khusus sepeda yang dilaunching hari ini, Minggu (11/10/2020), muncul dari diskusi kecil Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa bersama komunitas gowes beberapa bulan yang lalu.


Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Dewa, saat dibincangi RMOLSumsel di kediaman Walikota Palembang, usai melaunching jalur sepeda ke tiga, di Kambang Iwak Palembang pagi ini.

"Alhamdulillah, dari diskusi kecil kami bersama kawan-kawan yang hobi gowea, kita wujudkan hari ini. Dimana, kami menambah lagi jalur khusus sepeda, dengan panjang 6 kilometer," terangnya.

Dewa bersyukur, dari diskusi kecil tersebut, apa yang jadi keinginan para komunitas sepeda di Kota Palembang, mendapat sambutan baik dari Bank Sumsel Babel, yang membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, mewujdikan jalur khusus sepeda melalui dana Corporate Social Responbility (CSR).

"Pembangunan jalur sepeda ini bantuan dari Bank Sumsel Babel. Kita berharap setelah ini ada perusahaan lain yang juga membantu mewujudkan jalur khusus sepeda di Palembang. Karena ada beberapa jalur lagi yang belum," ujarnya.

Gowes ungkap Dewa, merupakan kegiatan yang asyik dan positif. Bahkan, dari kegiatan ini juga ia bersama komunitas Gowes ASN dapat melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Selama gowes kita juga dapat memberikan hal yang bermanfaat untuk masyarakat yang kadang-kadang tidak terjangkau pelayanan," ulasnya.

Sementara itu, salah satu pecinta sepeda, Nurmala menyambut baik keberadaan jalur sepeda di Kota Palembang.

"Kita berharap dengan adanya jalur khusus sepeda ini, masyarakat bisa lebih semangat lagi gowesnya," imbuhnya.

Walikota Palembang, Harnojoyo kembali meresmikan jalur sepeda sepanjang 6 kilometer (km). Artinya, total jalur khusus untuk para goweser yang ada di kota pempek ini, memiliki panjang 22 km, yang dibagi menjadi tiga bagian.

Untuk rute pertama sepanjang empat kilometer melewati Jalan Tasik-Jalan Merdeka-Simpang Kantor Wali Kota-Jalan Rumah Bari-Jalan Palembang Darusalam-Jalan Sekanak-Jalan Merdeka dan Jalan Tasik.

Sedangkan rute kedua sepanjang 12 kilometer melewati Kompleks Olahraga Jakabaring-Jalan Gubernur A Bastari-Jalan HM Ryacudu, Jembatan Ampera, Jalan Merdeka-Jalan Rumah Bari dan Jalan Benteng Kuto Besak. Untuk hari ini kita resmikan jalur ketiga sepanjang 6 kilometer rute Kambang Iwak - Angkatan 45.[ida]{