Fitri: Mari Kita Jaga Warisan Budaya dan Kebersihan Museum

Fitri: Mari Kita Jaga Warisan Budaya dan Kebersihan Museum

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus menjaga kelestarian kebudayaan, yang salah satunya diwujudkan dengan Pameran Temporer 'Venesia dari Timur". Pameran ini diharapkan menjadi langkah Pemerintahan yang dipimpin Walikota Harnojoyo untuk melestarikan warisan budaya dan sejarah Kota Palembang.


Dalam sambutannya, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda meminta, pameran temporer yang dibuka hari ini, Senin (12/10/2020), menjadi agenda rutin yang dilaksanakan.

"Tidak hanya sekedar seremonial, tapi ini harus mejadi agenda rutin yang dapat menjadi daya tarik masyarakat dan pengunjung," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Fitri mengajak Dinas terkait untuk gotong-royong dalam membersihkan musium Sultan Mahmud Badarudin serta (SMB) dan lingkungan kantor setempat.

"Ya musium ini merupakan aset dari Pemkot serta destinasi wisata wong kito untuk dijaga, maka dari itu infrastruktur yang ada di lingkungan sekita harus diperhatian dari kerapian dan keindahan mengingat kawasan ini letaknya sangat sentran karena berdekatan dengan sungai musi dan jembatan ampera," katanya.

Selian itu juga, ditengah pandemi pelaksanaan pameraan lukisan yang seharusnya menjadi agenda rutinitas Dinas Pendidikan untuk mengajurkan peserta didik belajar serta melihat benda-benda bersejarah warisan kebudayaan kota kita untuk sementara waktu ditiadakan mengingat kondisi Covid 19 masih menyebar.

"Saya harapkan dihari peringatan Musium Nasional, Musium SBM kita ini bisa menjadi pusat pembelajaran sejarah pada masanya, secara peninggalan pada zaman kerajaan Sriwijaya Dinas terkait sudah memusiumkan 700 koleksi benda bersejarah untuk diketahui oleh para pelajar dan wisatawan. Maka dari itu saya mengaharapkan sekali kepada dinas terkait untuk memperhatikan semua aspek yang harus diperbaiki,"tutupnya.

Sementara itu kepala Dinas Kebudayaan Zanariah menambahkan akan segera menjalankan instruksi Wakil Walikota Palembang menyangkut masalah kebersihan serta infrastruktur yang ada di musium tersebut agar pengunjung yang datang terasa lebih nyaman.

"Kita akan segera menata kebersihan kawasan musium sesuai permintaan ibu Fitri," tandasnya.[ida]