Musim Hujan Bisa Mempengaruhi Penyebaran Covid-19 ?

Musim Hujan Bisa Mempengaruhi Penyebaran Covid-19 ?

Memasuki musim penghujan, sebagian masyarakat yang merasa khawatir akan ada peningkatan penyebaran dan penularan virus corona baru alias Covid-19 di tanah air.


Sehingga memunculkan pertanyaan, apakah perubahan cuaca bisa mempengaruhi penyebaran Covid-19?

Terkait hal ini, ahli kesehatan dari Universitas Padjadjaran, dr Fedri Ruluwedrata Rinawan, coba memberi penjelasan.

Saat menjadi narasumber dalam Bincang Sehat yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu(14/10), Fedri menegaskan cuaca tidak mempengaruhi penyebaran Covid-19.

Sebab penularan virus terjadi karena pergerakan manusia. Penularan bisa terjadi saat ada kerumunan, terutama yang mengabaikan protokol kesehatan.

"Cuaca tidak berpengaruh langsung terhadap penyebaran," ujar Fedri dalam diskusi daring dengan tema 'Siap Hadapi Musim Hujan Di Tengah Pandemi Covid, Rabu (14/10).

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Unpad ini, penularan Covid-19 secara langsung bisa terjadi melalui kontak fisik akibat kerumunan juga droplet. Untuk mencegah hal itu terjadi, masyarakat pun diimbau senantiasa menggunakan masker dan selalu menjaga jarak.

"Cuaca tidak langsung menyebarkan Covid. Mau di udara panas atau dingin, yang perlu dicegah itu kerumunan manusianya," tegasnya.