Simak ! Ini Kata Doni Monardo Kepada Ponpes

Simak ! Ini Kata Doni Monardo Kepada Ponpes
Doni Monardo / net

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, memberikan pemahaman kepada pengurus dan santri-santri di Pondok Pesantren Darunnajah, terkait bahaya penularan virus corona.


Doni mengatakan, Covid-19 yang sudah memakan korban jiwa mencapai 1 juta orang di dunia, dan 12.347 orang di Indonesia tidak ditularkan oleh hewan. Melainkan terjadi antar manusia.

"Covid ini ditularkan bukan oleh hewan, sebagaimana virus yang ditularkan pada saat flu babi dan flu burung. Untuk Covid yang menularnya adalah manusia," ujar Doni saat membuka acara Talkshow virtual bertajuk 'Sosialisasi Iman, Aman dan Imun Hadapi Covid-19', yang disiarkan akun Youtube BNPB, Jumat (16/10).

Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini juga meminta masyarakat untuk memahami proses penularan Covid-19 yang terjadi saat kontak sosial.

"Kita terpapar Covid bukan dari orang yang jauh, tetapi biasanya dari orang yang terdekat dengan kita," ucapnya.

Karena itu, Doni mengajak semua unsur yang ada di Ponpes untuk patuh protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Supaya kita aman, kita patuh pada protokol kesehatan. Apa itu? Yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir," ungkap mantan Danjen Kopassus itu.

"Atau kalau tidak ada tempat cuci tangan yang layak bisa menggunakan hand sanitizer," demikian Doni Monardo.