Perluasan Jargas di Sumsel Jadi PR Alex Noerdin

Perluasan Jargas di Sumsel Jadi PR Alex Noerdin
rmolsumsel

Upaya Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) untuk memperluas jaringan gas (jargas) rumah tangga mendapat sambutan dari mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel),  H. Alex Noerdin.


Pria yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini, bahkan optimis jika daerah ini akan menjadi provinsi pertama di Indonesia yang daerahnya terpasangan jaringan gas.

"Rencana BPH Migas untuk memperluas jargas rumah tangga mungkin terealisasi, mengingat Sumsel merupakan daerah penghasil Migas," terangnya usai menjadi narasumber kegiatan sosialisasi Tugas Fungsi dan Capaian Kinerja BPH Migas Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Palembang, hari ini, Sabtu (17/10/2020).

Alex Noerdin mengatakan, dimulai dari 15 tahun lalu saat menjadi Bupati Muba, secara langsung menyaksikan pengiriman pertama gas dari Muba ke Singapura untuk menerangi Singapura.

"Jadi harusnya sekarang kita harus manfaatkan sendiri dan saya akan bantu kepala BPH Migas agar di 17 kabupaten/kota di Sumsel terpasangan jaringan gas. Ini jadi i PR saya untuk mewujudkannya," tuturnya.

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa mengatakan, saat ini baru 7 kabupaten/kota di Sumsel yang teraliri gas bumi untuk rumah tangga, dengan total 75.674 sambungan rumah tangga (SR).

Dimana, 7 kabupaten/kota tersebut adalah, Kabupaten PALI, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Prabumulih.

"Kami terus mendukung seluruh kabupaten/kota di provinsi untuk dapat bisa menikmati gas bumi. Bahkan tahun ini akan ada pengembangan dan pembangunan Jargas ditargetkan sebanyak 38.591 SR di Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Muaraenim, Musi Rawas dan Musi Banyuasin," tandasnya.

Selain dihadiri Wakil Ketua Komisi VII DPR RI H. Alex Noerdin, Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa, Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro, Regional Manager Corporate Sales II MOR II PT. Pertamina (Persero) Doni Indrawan.

Pada Kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Antara BPH Migas dengan Universitas Sriwijaya tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan di bidang hilir Migas yang ditandatangani oleh Kepala BPH Migas Dr. Ir M. Fanshurullah Asa, MT dan Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, MSCE.