Program Beasiswa PIP 1.000 Pelajar  Sumsel Dimulai dari OKI

Program Beasiswa PIP 1.000 Pelajar  Sumsel Dimulai dari OKI
Penyerahan Beasiswa PIP Secara Simbolis / rmolsumsel

Anggota DPR RI, H Ishak Mekki, menyalurkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa-siswi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Rencananya ada 1.000 pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapat program ini.


Beasiswa PIP tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020, yang diusulkan H Muchendi Mahzareki Ishak selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel.

Penyerahan beasiswa secara simbolis kepada sejumlah pelajar diberikan di Aula Hotel Dinasti 2, Kota Kayuagung, OKI, Sabtu (17/10/2020).

H Ishak Mekki mengatakan, jumlah penerima beasiswa PIP di Sumatera Selatan sebanyak 1.000 pelajar. Mulai dari pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Lebih lanjut mantan Bupati OKI dua periode ini menambahkan beasiswa yang didapat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini nantinya akan ditransfer melalui Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) langsung ke nomor rekening pelajaran yang yang bersangkutan.

Beasiswa dari H Ishak Mekki Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat tersebut dapat langsung ditarik sendiri maupun kolektif oleh sekolah. Besaran nominal beasiswa yang diterima para siswa bervariasi. Untuk pelajar SD dapat bantuan Rp460 Ribu, kemudian SMP Rp750 Ribu, dan untuk  SMA serta SMK Rp1 Juta, " ucap Wakil Gubernur Sumsel periode 2014-2019 didampingi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Sumsel, H Muchendi Mahzareki Ishak SE.

Ishak Mekki yang juga Ketua Umum DPD Partai Demokrat Sumsel ini menerangkan, besaran angka tersebut hanya berlaku bagi siswa yang telah belajar penuh selama setahun.

Sementara untuk para siswa yang belajar setengah tahun akan menerima setengah dari nominal tersebut. Seperti pelajar kelas 6 SD, kelas 3 SMP dan kelas 3 SMA.

Sementara itu H Muchendi Mahzareki Ishak menambahkan program Beasiswa PIP yang diusulkan H Ishak Mekki merupakan bentuk komitmen terhadap pendidikan.

“Kami berharap kepada para siswa-siswi agar bantuan beasiswa PIP yang telah diterima tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang keperluan belajar para pelajar,” timpal politisi muda Partai Demokrat ini saat ikuti sosialisasi penyerahan PIP di Kecamatan SP Padang.

“Saya kesini reses menyerap aspirasi warga Desa Terusan Menang, SP Padang.  Alhamdulillah, meski Covid-19 mengurangi pendapatan, warga masih bisa terbantu dengan beasiswa ini. Tentu sudah menjadi kewajiban kami membantu Dapil masing-masing. Kami terus berjuang dan kami minta agar pak Ishak Mekki bantu warga OKI. Mudah mudahan ini sudah kito perjuangkan. Sebelumnya Pak Ishak Mekki juga bawa program bedah rumah di Kabupaten OKI yang jumlahnya 900 unit lebih,” tukas kepala Badan Pemenangan Pemilu DPD Partai Demokrat Sumsel ini.